Biologi Bunga - Umum

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai biologi bunga secara umum.

Tanaman dapat berkembang biak melalui dua cara yaitu secara seksual dengan menggunakan biji dan secara aseksual tanpa menggunakan biji atau secara vegetatif. Perkembangbiakan tanaman secara seksual terjadi melalui pembentukan sel-sel khusus untuk tujuan reproduksi yang disebut dengan sel gamet. Pembentukan sel gamet tersebut dilakukan pada salah satu organ tanaman yang disebut dengan bunga. Bunga merupakan suatu alat bantu dalam perkembangbiakan suatu tanaman. 

Berdasarkan tipenya, bunga dibagi menjadi bunga tunggal dan bunga majemuk. Pada bunga tunggal, satu tangkai hanya mendukung satu bunga, sedangkan pada bunga majemuk, satu tangkai mendukung banyak bunga. Bunga ganda adalah salah satu sifat terpenting dalam tanaman bunga, karena mengarah pada peningkatan jumlah kelopak dan ukuran bunga keseluruhan yang lebih besar. Varietas berbunga ganda lebih umum daripada varietas berbunga tunggal (Nakatsuka and Koishi, 2018).

Komponen dasar dari suatu bunga adalah kelopak, tajuk atau mahkota bunga, benang sari dan putik (Darjanto, 1990).

Berikut adalah gambar komponen dasar dari suatu Bunga : 

  • Kelopak bunga (Calyx) adalah bagian terluar bunga dan kedudukannya terletak di dasar bunga yang berfungsi untuk melindungi kuncup bunga. Lembaran kelopak bunga disebut daun kelopak (sepal). 
  • Mahkota bunga (Corolla) merupakan bagian bunga yang berfungsi untuk menarik perhatian serangga yang membantu penyerbukan. Lembaran dari mahkota bunga disebut daun mahkota (petal).
  • Benang sari (stamen) merupakan alat kelamin jantan yang akan menghasilkan sel kelamin jantan. Benang sari terdiri atas tangkai sari (filamen), kepala sari (anther) dan serbuk sari (polen).
  • Putik (Pistillum) merpakan alat kelamin betina yang akan menghasilkan sel telur (ovum). Putik terdiri atas kelapa putik (stigma), tangkai putik (stillus) dan bakal buah (ovarium).
Perlu dicatat bahwa gambar komponen bunga tersebut merupakan gambaran bunga secara umum. Setiap spesies tanaman memiliki jenis bunga yang berbeda-beda dengan karakteristiknya masing-masing. Untuk penjelasan detail mengenai biologi bunga suatu spesies tanaman tertentu akan saya berikan pada tulisan saya yang berikutnya.
Semoga tulisan yang saya berikan ini memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.



Daftar Pustaka

Darjanto dan Siti Satifah.1987. Pengetahuan Dasar Biologi Bunga Dan Teknik Penyerbukan Silang Buatan. PT Gramedia, Jakarta.
Nakatsuka, T. and K. Koishi. 2018. Molecular characterization of a double-flower mutation in Matthiola incana. Journal of Plant Science 268: 39-46.



Komentar