Inilah 5 Superkomputer Paling Canggih di Dunia

Sumber Gambar : PC Mag

Apa yang terlintas di pikiran pembaca sekalian ketika mendengar istilah Superkompute?
Apakah sama dengan komputer-komputer yang pada umumnya kita gunakan?
Atau, seperti apa?

Jadi, Superkomputer merupakan suatu komputer dengan kekuatan prosesing yang luarbiasa besar sehingga memampukan para peneliti untuk melakukan kegiatan perhitungan yang super kompleks yang pada dasarnya tidak mampu untuk dilakukan oleh otak manusia maupun komputer yang biasa digunakan oleh orang.

Superkomputer mulai diperkenalkan pada tahun 1960an oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC).

Superkomputer telah berkembang cukup pesat sejak awal diperkenalkannya. Sebagai gambaran, pada tahun 1985, superkomputer yang terkuat di dunia yaitu Cray-2 memiliki kemampuan prosesing sebesar 1,9 gigaflops atau 1,9 miliar FLOPS, yaitu suatu parameter yang digunakan untuk mengukur kekuatan prosesing pada mesin superkomputer ini. 

Untuk dapat memahaminya, PlayStation 4 yang saat ini umum beredar di masyarakat memiliki kemampuan prosesing sebesar 1,84 Teraflops atau triliun FLOPS yang mana hampir 1000 kali lipat kekuatan superkomputer Cray-2.

Sedangkan superkomputer yang ada saat ini pada umumnya memiliki kekuatan yang lebih besar daripada 1 petaflops kuadriliun FLOPS, setara dengan 1000 kali kekuatan PS4 dan 1 juta kali lipat superkomputer Cray 2.

Gambar tersebut menunjukkan perkembangan kekuatan prosesing superkomputer di dunia sejak tahun 1995 hingga 2020 saat ini. Terlihat sangat jelas bahwa perkembangannya sangat signifikan hanya dalam waktu yang singkat.

Superkomputer ini digunakan untuk perhitungan yang sangat kompleks. Sebagai contoh yaitu untuk perhitungan perkiraan cuaca, penelitian mengenai iklim, pemanasan global, simulasi molekul, simulasi fisik seperti simulasi pesawat, simulasi senjata nuklir, penelitian mengenai fusi nuklir dan lain sebagainya. 

Pengguna utama dari superkomputer ini yaitu kalangan akademisi dan peneliti yang membutuhkan kekuatan perhitungan yang sangat besar untuk menghitung penelitian yang sedang dilakukan. Selain itu, superkomputer juga digunakan oleh pihak militer. 

Superkomputer ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada komputer pada umumnya dikarenakan desainnya yang memungkinkan untuk mengerjakan tugas secara paralel sehingga memungkinkan perhitungan yang besar. 

Banyak pepatah yang menyatakan bahwa kemajuan sains berada pada pundak raksasa. Pada saat ini, pepatah tersebut telah menjadi kenyataan dimana superkomputer yang digunakan untuk kemajuan sains ini memiliki ukuran yang tidak main-main. Pada umumnya memiliki ukuran hingga sebesar lapangan basket! Wow! Sangat besar.

Lantas, superkomputer yang paling kuat di dunia seperti apa ya?

Berikut ini akan saya berikan 5 superkomputer yang paling kuat di dunia saat ini. 
Kita mulai dari urutan yang paling bawah yaitu : 

5. Frontier 


Frontier merupakan superkomputer yang dimiliki oleh Amerika Serikat di Texas Advanced Computing Center, University of Texas. Superkomputer ini dibangun oleh Dell dan menggunakan Intel sebagai prosesornya pada September 2019. Komputer ini dinobatkan sebagai superkomputer yang paling cepat pada sebuah universitas.

Saat ini, Frontier berkolaborasi dengan 3 tim peneliti untuk melakukan penelitian mengenai lubang hitam, mekanika kuantum, desain obat-obatan serta pembuatan model iklim. Bidang lain yang mampu memanfaatkan kemampuan Frontier dengan baik yaitu Astrofisika, Sains material, Energi, Genomics, dan pembuatan model bencana alam.

Frontier memiliki kemampuan prosesing hingga 23,5 petaflops! Sangat luar biasa. Superkomputer ini terbuka untuk komunitas ilmiah sehingga dapat digunakan untuk melakukan perhitungan rumit dalam suatu penelitian. 


4. Tianhe-2A


Tianhe-2A merupakan Superkomputer milik Cina di National Supercomputing Centre, Guangzhou. Superkomputer ini dibangun oleh National University of Defence Technologi dan dilengkapi dengan prosesor milik Intel yaitu Intel Xeon sehingga mampu memiliki kekuatan prosesing hingga 61,4 petaflops! Kekuatan ini hampir 3 kali lipat kekuatan dari superkomputer Frontier sebelumnya!

Nah berbeda dengan Frontier yang lebih diutamakan pada penggunakan oleh komunitas ilmiah, Tianhe-2A ini digunakan untuk perhitungan yang berhubungan dengan keamanan pemerintahan. Sehingga lebih ditekankan untuk pertahanan negara.


3. Sunway TaihuLight


Berikutnya yang menduduki pada peringkat 3 Superkomputer terkuat di dunia yaitu Sunway TaihuLight. Superkomputer ini dibangun oleh National Centre for Engineering Research dan berada di National Supercomputing Centre, Wuxi, Cina. 

Berbeda dengan superkomputer yang lainnya, Sunway TaihuLight ini tidak menggunakan Chip Accelerator sehingga kekuatan prosesingnya bergantung pada lebih dari 10 juta Prosesor Sunway milik Cina. Kekuatan prosesing atau perhitungannya sendiri mencapai 93 petaflops!


2. Sierra


Superkomputer ini dimiliki oleh Amerika Serikat dan berada di Lawrence Livermore National Laboratory. Sierra dibangun oleh IBM dengan kekuatan prosesingnya mencapai 94,6 petaflops. 

Sierra didedikasikan oleh Amerika Serikat sebagai basis untuk penelitian militer, terutama penelitian untuk melakukan simulasi senjata nuklir yang berada pada pengujian bawah tanah. Hal tersebut menyebabkan hasil penelitiannya merupakan penelitian yang dirahasiakan dan tidak mampu untuk diakses siapapun. 


1. Summit


Dan yang terakhir, yang menempati urutan sebagai superkomputer yang paling kuat dan paling canggih saat ini yaitu Summit yang dimiliki oleh Amerika Serikat. 

Superkomputer ini dibangun oleh IBM untuk U.S. Department of Energy;s Oak Ridge National Laboratory di Tennesse. Superkomputer ini memiliki ukuran yang luar biasa besar yaitu mencapai 2 kali ukuran lapangan basket! 

Kekuatan prosesing yang dimiliki oleh Summit mencapat 148,6 petaflops dengan 2,41 juta core prosesor. Selain dari kekuatannya yang sangat luar biasa, Summit juga merupakan superkomputer yang sangat efisien dalam penggunaan energi. 

Tujuan dari pembangunan Summit itu sendiri yaitu untuk penelitian di berbagai bidang meliputi genetik serta hubungannya dalam populasi untuk suatu penyakit, simulasi dari adanya gempa bumi di wilayah perkotaan, penelitian mengenai fenomena iklim yang ekstrim, penelitian mengenai material pada tingkat atom, ledakan dari supernova serta banyak lagi penelitian yang lain. 

Nah, jadi bagaimana menurut pembaca sekalian mengenai berbagai superkomputer paling canggih di dunia ini? 

Begitu luar biasa tentunya usaha manusia untuk terus menembus batasan-batasan yang ada pada diri manusia. Kemampuan otak manusia memiliki batasan yang sangat besar terutama pada perhitungan-perhitungan dan simulasi yang rumit. Oleh karena itu, dalam penelitian bidang-bidang tersebut membutuhkan bantuan alat untuk melakukan perhitungannya. 

Pembangunan superkomputer ini sangat membantu umat manusia dalam memajukan teknologi dan sains sehingga dapat membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat bagi para pembaca.
Apabila menyukai informasi-informasi yang saya berikan, bisa dishare ke teman-teman agar dapat saling berbagi informasi dan pengetahuan di dunia ini. 


Komentar