3 Kesalahan yang Dilakukan Oleh Senku - Dr. Stone

Dunia Anime musim lalu cukup dikagetkan dengan munculnya anime bertema sains dengan judul Dr. Stone. Anime ini mengangkat mengenai kisah seorang pelajar SMA bernama Senku dimana seluruh umat manusia di dunia pada suatu hari tiba-tiba berubah menjadi batu. 

Kisah ini kemudian dilanjutkan dengan bangkitnya Senku dari batu dan bersama temannya Taiju mereka berusaha untuk mengembalikan peradaban manusia seperti sedia kala serta membangkitkan seluruh umat manusia yang ada di dunia tanpa terkecuali.




*PERINGATAN SPOILER BAGI YANG BELUM MENONTON*

Dengan usaha yang cukup panjang dan lama, akhirnya Senku dengan bekal ilmunya dapat membuat suatu ramuan untuk membangkitkan orang yang membatu. 

Konflik dimulai ketika Senku dan Taiju hendak membangkitkan kawan mereka yaitu Yuzuriha. Ketika sesampainya disana, mereka berdua diserang oleh kawanan singa dan terpaksa memberikan ramuan pembangkit tersebut kepada Tsukasa yang merupakan manusia terkuat. Tsukasa kemudian dengan mudah mengalahkan kawanan singa yang mengejar Senku dan Taiju.


Tsukasa pada dunia lama terkenal dikarenakan kemampuan bertarungnya yang luar biasa. Selain itu, Tsukasa juga memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga dapat mudah memahami kondisi sekitar dan berbagai hal ilmiah yang ada dalam dunia ini. Pada dasarnya, Tsukasa merupakan suaru karakter yang sangat OP dan IMBA sekali sehingga perlu dinerf harusnya biar realistis.

Sementara Senku dan Taiju berkeinginan untuk mengembalikan peradaban seperti sedia kala dengan mengembangkan teknologi dan membangkitkan seluruh umat manusia, Tsukasa memiliki pikiran yang berbeda dengan mereka berdua.

Tsukasa memiliki keinginan untuk membangkitkan hanya manusia-manusia yang masih muda dan suci kemudian membunuh atau menghancurkan semua manusia tua yang menurutnya memiliki sifat yang buruk. 

Hal ini menjadi konflik yang hebat antara Senku yang memiliki kecerdasan yang luar biasa dengan Tsukasa yang memiliki kekuatan yang sangat kuat hingga akhirnya terjadi pertarungan antar kedua belah pihak ini.  

Meskipun Senku dibekali dengan kecerdasan yang luar biasa serta Taiju yang memiliki ketahanan tubuh yang sangat kuat, hal tersebut tidak mampu untuk menghentikan kekuatan murni yang dimiliki oleh Tsukasa karena mereka berada di dunia tanpa teknologi dan hukum rimba pun berlaku.

Nah, mulai disini terdapat kesalahan yang seharusnya, perlu saya tegaskan bahwa ini adalah pendapat saya pribadi, tidak dilakukan oleh orang secerdas atau sepintar Senku. 

Beberapa kesalahan yang dilakukan oleh Senku menurut saya pribadi yaitu : 


1. Senku Secara Terang-Terangan Memusuhi Tsukasa
Mungkin ini terjadi dikarenakan sifat Senku yang selalu jujur dalam hal ilmu pengetahuan sehingga dia tidak berbohong. Akan tetapi dengan kemampuan berfikirnya Senku, seharusnya dia bisa menyadari bahwa saat ini tidaklah mungkin untuk melawan Tsukasa secara langsung.

Dapat dilihat bahwa Tsukasa dengan mudahnya menangkap anak panah dari Crossbow yang ditembakkan oleh Senku. Hal ini menunjukkan perbedaan kekuatan antara keduanya (Dan, tentunya Plot Armor yang sangat kuat untuk Tsukasa).

Oleh karena itu, seharusnya Senku lebih memilih untuk berpura-pura memihaknya sementara waktu untuk menunggu waktu yang tepat untuk menangkap atau menahan Tsukasa (Padahal bisa dengan mudah membunuh Tsukasa ketika tidur tapi kita semua tahu bahwa kebanyakan anime mencegah matinya suatu karakter dengan berbagai alasan untuk kepentingan tertentu, misal penjualan).


2. Senku Seharusnya Tidak Segera Membuat Bubuk Mesiu
Seperti yang telah diketahui, melihat gagalnya anak panah dari Crossbow buatan Senku maka Senku berpendapat bahwa ketika membuat bubuk mesiu dan senjata api maka dapat menghentikan Tsukasa. Dan menurut saya itu juga merupakan hal yang sangat logis dan benar. Tapi saking logisnya hingga semua orang bisa menebak apa yang akan dilakukan oleh Senku.

Padahal dalam beberapa waktu sebelumnya diperlihatkan bahwa Senku membuat pelariannya seakan-akan keadaan yang panik dan membuat jejak-jejak palsu. Akan tetapi dikarenakan pemikiran logis dari Senku inilah yang membuatnya mudah untuk ditebak sehingga Tsukasa dapat dengan mudah mengetahui bahwa Senku ingin untuk membuat bubuk mesiu untuk menghentikannya sedangkan untuk menemukannya cukup mudah dikarenakan salah satu bahan untuk pembuatan bubuk mesiu yaitu belerang.

Nah coba saudara bayangkan. Lebih mudah mana menemukan seseorang yang bersembunyi di 1 gunung dari 3 gunung, atau bersembunyi di suatu titik di hutan rimba yang sangat luas?

Tentu dengan kecerdasan dan kekuatan Tsukasa menemukan gunung yang diperlukan Senku untuk membuat bubuk mesiu merupakan hal yang sangat mudah bahkan bisa dibilang seperti makanan sehari-hari. 

Oleh karena itu, seharusnya Senku menyadari bahwa orang dengan pemikiran yang cerdas dan logis ketika berhadapan dengan orang yang serupa, maka pemikiran yang logis tersebut akan mudah untuk ditebak dan mudah untuk memberikan balasan yang lebih baik.

Senku seharusnya disini berfikir secara tidak logis dan menjauh dari lokasi tersebut. Sejauh mungkin.
Dunia itu sangat luas. Sehingga seberapapun Tsukasa mencari apabila Senku dan kawan-kawan telah kabur ke suatu tempat yang sangat jauh dan tidak mencolok bahkan berminggu-minggu jauhnya maka tidak akan dapat ditemukan (Kecuali, ya dengan Plot Armor yang sangat kuat).


3. Memberikan Resep Ramuan Pembangkit dengan Benar Pada Tsukasa
Pada saat Tsukasa menyandra Yuzuriha, Senku dipaksa untuk memberikan resep ramuan pembangkit kepada Tsukasa. Jika tidak maka Yuzuriha akan dibunuh dan Senku akan dipaksa untuk memberikan resepnya dikemudian hari. 

Senku bisa saja memberikan resep yang palsu disini dan tetap memperoleh hasil yang diinginkannya (yaitu ketiga-tiganya selamat dari Tsukasa). Hal tersebut dapat dilakukan karena Tsukasa sama sekali tidak mengetahui mengenai resep dari ramuan pembangkit. Pemalsuan pada beberapa takaran pengenceran dan pemcampuran bahan kimia tidak akan diketahui secara langsung.

Sebagai contoh pada ramuan tersebut diminta agar Alkohol memiliki kadar 96% dan Jika salah sedikit maka tidak akan bekerja. Nah, disini dapat dengan mudah dilakukan pemalsuan angka tersebut sehingga ketiganya tetap selamat seperti yang ada pada animenya. 

Akan tetapi tidak, Senku tetap memberikan jawaban yang sebenarnya meskipun tahu pada ujungnya dia akan dibunuh oleh Tsukasa. 

Kenapa memberikan resep palsu ini penting?

Jelas penting karena ini akan mencegah Tsukasa untuk mendirikan kekaisarannya dan membentuk pasukan barbar yang kuat sehingga akan mengganggu atau menyebabkan konflik di kemudian hari. Perlu diketahui bahwa pada anime diperlihatkan Senku membutuhkan waktu sekitat 2 musim lebih untuk membuat ramuannya berhasil. Tsukasa tentunya akan butuh waktu yang lebih lama. Hal tersebut tentu akan memberikan Senku waktu untuk mempersiapkan senjata sainsnya.


Nah itulah beberapa kesalahan-kesalahan yang menurut saya dilakukan oleh Senku yang pada karakternya merupakan seseorang yang sangat jenius dan mengetahui hampir semua hal ilmiah yang ada di dunia. Kesalahan tersebut seharusnya dapat dihindari dengan mudah oleh level pemikiran Senku. Tapi.... Ada Tapinya.

Jika Senku bergerak sebagai manusia super jenius yang tidak ada salahnya, maka Anime Masterpiece ini tidak akan tercipta. Tidak ada konflik yang nyata serta kurangnya aksi dan pertarungan untuk membumbui serial ini.



Pada akhirnya, menurut saya hal-hal tersebut terjadi dikarenakan Plot Armor yang diberikan oleh si penulis sehingga dapat menimbulkan konflik. Dan tentunya saya pribadi sangat menyukai dan menikmati anime Dr. Stone ini dimana animasi, plot, dan ceritanya yang menarik dan cukup membuat penasaran untuk dilihat.

Bagi yang kurang setuju dengan pendapat atau opini saya bisa dituliskan dalam kolom komentar dibawah ini ya.

 

Komentar